Senin, 14 Maret 2011

Musik Ska


Ska adalah genre musik yang berasal di Jamaika pada akhir 1950-an, dan merupakan pendahulu rocksteady dan reggae. Ska menggabungkan unsur-unsur musik mento dan musik kalipso dari Karibia dengan jazz dan rhythm and blues dari Amerika Serikat. Ciri khas musik ini adalah jalur bass berjalan dengan aksentuasi pada ritme upbeat. Pada awal 1960-an, ska adalah genre musik yang dominan di Jamaika dan popular di kalangan para mod di Britania Raya. Musik ini kemudian populer di kalangan skinhead.
Sejarah ska umumnya dibagi menjadi tiga periode: ska asli Jamaika dari tahun 1960-an (gelombang pertama), kebangkitan ska 2 Tone Inggris pada akhir 1970-an (gelombang kedua), dan gerakan ska gelombang ketiga yang dimulai pada 1980-an, dan meraih kepopuleran di Amerika Serikat pada 1990-an.
Di Indonesia musik ska sudah sangat terkenal, dan sekarang ini banyak band musik yang beraliran ska. Salah satunya band ska yang terkenal di Indonesia adalah Tipe-X. Musik Ska sendiri sudah sangat populer di kalangan anak punk dan skinhead. Penampilan anak ska umumnya sangat berbeda dan sangat unik, rata-rata anak ska memakai kemeja atau jas, celana panjang, dan memakai topi bundar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar