Rabu, 09 Maret 2011



Artikel Indonesia....!!!!! 

Saya sampai berpikir demikan setelah memeriksa buku sejarah tentang kehebatan persatuan bangsa ini dalam melawan penjajahan. Pada awalnya setiap daerah berjuang untuk melawan kebejatan moral imperialis di daerahnya masing-masing. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada para pahlawan bangsa yang telah gigih berjuang dan rela berkorban membela kebenaran, namun memang kenyataannya selama tiga abad bangsa ini masih dicengkeram oleh kebiadaban serakawan (penjajah).

Namun semenjak memasuki abad ke-20, atau lebih tepatnya dimulai dengan pendirian Boedi Oetomo, Indonesia mengalami babak baru perjuangan bangsa. Sejak berdirinya organisasi bersifat nasional ini perjuangan dan pergerakan kemerdekaan tidak lagi bersifat kedaerahan. Dengan dipimpin pemuda-pemuda terpelajar dari Indonesia (daerah tidak perlu disebutkan lagi), bangsa ini melawan penjajahan dengan kekuatan dan semangat persatuan. Buktinya, tidak sampai setengah abad Negara Indonesia telah mengalami dimensi baru dengan gerbang proklamasi. Oleh karena itu karena kurang cakapnya saya memikirkan nasib bangsa ini, melihat Indonesia perlu dijajah secara nyata untuk mengembalikan lagi jati dirinya sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kata secara nyata perlu digarisbawahi untuk lebih menegaskan bahwa bangsa ini pada dasarnya masih terjajah. Jenis imperialisme modern bukan barang baru dan rahasia telah menguasai bangsa ini. Dunia asing telah semena-mena menjarah kekayaan bangsa disebabkan kelalaian dan keterbuaian kita sendiri dengan sebuah kata, yaitu “merdeka”.

Dengan masih merasa merdeka, rakyat Indonesia belum banyak dewasa untuk mengungkapkan dan meluapkan semangat kemerdekaannya. Sehingga masih banyak generasi bangsa yang masih ingin melawan penjajah (karena menganggap penjajah tidak ada) menjadi melawan bangsanya sendiri. Mungkin itu juga yang menjadi pemikiran pelaku bom bunuh diri, wallahua`lam.

Saya mengambil contoh dalam dunia olah raga, sepak bola khususnya. Ketika timnas bertanding, sejelek apapun timnas Indonesia bermain, rakyat Indonesia tetap mendukung dengan semangat tanpa melihat apakah dia The Jak, Viking, Bonek, Aremania, dsb. Walaupun (saking parahnya) masih terjadi insiden kurang sportif, namun frekuensinya sangat sedikit. Namun ketika klub2 di Indonesia bertanding. Kesalahan sedikit apapun menjadi penyebab terjadinya kerusuhan suporter, pemain, offisial, dsb. Contoh tersebut tidak hanya berlaku di dunia olah raga saja. Jika kita melihat dan mengingat, di Indonesia hampir selalu terjadi permusuhan di daerah (antaretnis, antarsuku, antaragama, dsb). Di dunia ekonomi Indonesia yang pada teorinya berpaham PANCASILA (tapi pada praktiknya lebih ke liberal), banyak terjadi saling sikut, tonjok, tendang dsb demi kelancaran usaha. Hal itu kebanyakan terjadi antarpengusaha dalam negeri. Justru investor dan perusahaan asing menjadi ndoro dalam negara (yang seharusnya) kaya ini.

Di sinilah saya ingin menuliskan idiom bangsa ini : tidak ada persatuan abadi, yang ada adalah kepentingan abadi. Entah itu benar ataukah (dan semoga saja) tidak. Pikirkan dan renungkan sendiri masalah ini. 

Bangsa ini memang “masih” kaya. Namun sepertinya penjajah-penjajah tidak mau lagi menjajah bangsa ini secara nyata. Mereka tahu kekuatan bangsa ini ketika bersatu. Mereka merasa ngeri dengan keutuhan bangsa ini. Mereka sadar bahwa jika kita dijajah dan disiksa, maka kekuatan senasib sepenanggungan (entah karena terpaksa dan kepepet atau karena keikhlasan) dapat menghancurkan rudal-rudal dan pesawat mereka.

Mereka paham bahwa cukup dengan kesenangan sementara, perdamaian semu, keagungan maya, dapat meruntuhkan bangsa ini dengan sendirinya. Kita tahu mereka adalah bangsa-bangsa pandai yang dapat meneliti kelemahan dan kekuatan bangsa lainnya. Sehingga dapat memanfaatkannya dengan baik demi kepentingan mereka. Lalu, kita ini bangsa seperti apa? Apakah kita perlu dijajah secara nyata lagi untuk menemukan dan mengembalikan jati diri bangsa kita?

Oya,,, ada kata-kata legendaris yang sudah mulai dilupakan rakyat Indonesia karena sudah tidak diajarkan lagi :

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang cinta perdamaian. Akan tetapi rakyat Indonesia lebih mencintai kemerdekaan.


Hidup Rakyat Indonesia....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar